Monday, February 11, 2013

Rumah di Bantul Lebih Murah

Bagi kita yang sering mengamati perkembangan properti, termasuk harga rumah, bisa kita ketahui bahwa rumah yang dikembangkan di berbagai wilayah di jogjakarta memiliki variasi harga yang berbeda. Untuk lokasi yang berada di sekitar pusat kota jogja dapat di bandingkan bahwa harga rumah di kabupaten bantul masih lebih rendah di banding di kabupaten sleman maupun kodya jogja.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga tersebut, berikut kami sampaikan beberapa diantaranya:

1. Harga perolehan tanah di Bantul relatif masih lebih rendah dibandingkan 2 wilayah yang berdekatan yaitu kodya dan sleman. Tentu saja harga tanah berimbas langsung pada harga jual rumah.

2. Faktor gempa bumi tahun 2006 silam. Faktor gempa bumi besar yang terjadi beberapa waktu lalu secara langsung maupun tidak menurunkan minat masyarakat pencari properti untuk menentukan pilihan hunian di wilayah ini. Hal ini berimbas pada anjloknya penjualan dan harga rumah pasca gempa, walaupun seiring berkembangnya waktu hal tersebut mulai berangsur pulih.

3. lokasi yang jauh dari pusat kota. Walaupun bantul punya kelebihan berupa ketersediaan lahan yang masih cukup luas untuk pengembangan, namun salah satu kekurangan yang nyata adalah lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota jogja yaitu kawasan malioboro, kraton jogja, dan sekitarnya.

Demikian sedikit alasan yang dapat kami simpulkan. Walaupun itu berlaku saat ini, akan tetapi dinamika perkembangan kawasan bisa saja dengan cepat mempengaruh perkembanganya.

No comments:

Post a Comment